Ahli Waris Dalam Hukum Islam Dan Pembagian Harta Waris

Ahli Waris Dalam Hukum Islam Dan Cara Pembagian Harta Waris

Contents of Article

Ahli Waris Dalam Hukum Islam Dan Cara Pembagian Harta Waris. Dari paragraf di atas, beberapa poin dapat diambil mengenai siapa yang berhak atas warisan yang ditinggalkan oleh orang yang meninggal.

  • Anak atau Gadis Alami
  • Ayah dan ibu
  • Suami istri

Anak-anak yang diadopsi atau hasil adopsi tidak berhak atau tidak sebagai ahli waris. Dia bukan pewaris atau hak untuk mendapatkannya karena dia tidak memiliki hubungan darah dan yang lebih berhak adalah keluarga biologis.

Distribusi warisan dapat berada di luar orang-orang yang telah didirikan Allah dan dengan ketentuan yang telah dibuat selama orang yang meninggal sebelumnya telah meninggalkan wasiat. Surat wasiat ini diupayakan dalam bentuk hukum, hukum, dan ada saksi atau bukti di dalamnya yang tidak hanya verbal. Ini dapat digunakan jika ada surat wasiat kemudian membagikan warisan kepada pewaris.

Distribusi Warisan

Distribusi warisan dalam Islam tidak hanya didasarkan pada makna hidung dan berdasarkan mahram dalam Islam. Ada berbagai spesifikasi dan pembagian antara status keluarga. Dari ayat-ayat Al-Qur’an yang telah dijelaskan di atas, dapat diambil beberapa poin untuk menjelaskan distribusi warisan dalam Islam.

Ahli Waris yang Punya ½

Suami yang istrinya meninggal. Syaratnya adalah ia tidak memiliki keturunan (laki-laki atau perempuan), meskipun keturunannya adalah anak tiri.

Anak biologis Syaratnya adalah dia tidak memiliki anak laki-laki dan anak perempuannya adalah anak tunggal.

Cucu dari anak laki-laki. Syaratnya adalah bahwa cucu tidak memiliki anak laki-laki, adalah satu-satunya cucu (hanya), dan tidak memiliki anak perempuan atau laki-laki.

Saudari Syaratnya adalah bahwa saudara kandung sendirian dan tidak memiliki saudara kandung lainnya. Ia juga tidak memiliki ayah atau kakek atau keturunan (putra atau putri)

Adik seorang ayah. Syaratnya adalah dia tidak memiliki saudara kandung (hanya satu) dan tidak memiliki saudara kandung. Dia juga tidak memiliki ayah atau kakek.

Ahli Waris yang Mendapatkan ¼

Sang suami ditinggalkan oleh istrinya. Syaratnya adalah sang istri memiliki anak atau cucu dari keturunan laki-lakinya. Cucu-cucu ini bisa dari darah dan daging mereka atau tidak.

Sang istri ditinggalkan oleh suaminya. Syaratnya adalah sang suami tidak memiliki anak atau cucu

Ahli waris yang mendapat 1/8

Istri ditinggal pergi oleh suaminya yang memiliki keturunan laki-laki atau perempuan, apakah anak itu dari rahimnya atau tidak

Ahli waris yang mendapat 2/3

Dua atau lebih anak kandung yang tidak memiliki saudara laki-laki

Dua cucu keturunan laki-laki dengan syarat bahwa pewaris tidak memiliki anak kandung dan tidak memiliki saudara laki-laki

Dua atau lebih saudara perempuan dengan syarat bahwa ahli waris tidak memiliki anak, tidak memiliki ayah atau kakek, dan tidak memiliki saudara laki-laki

Dua wanita yang merupakan satu ayah dengan syarat bahwa mereka tidak memiliki anak, ayah atau kakek. Dia tidak memiliki saudara laki-laki sebagai ayah dan tidak memiliki saudara kandung.

Ahli waris yang mendapat 1/3

Ibu yang tidak memiliki anak atau cucu dari keturunan laki-laki. Dia tidak memiliki dua atau lebih saudara kandung atau tidak ada saudara kandung

Para sister dan sister yang adalah ibu, tidak memiliki anak, ayah atau kakek. Jumlah saudara seperti itu adalah dua orang atau lebih.

Dari ahli waris yang dikenal dalam Islam, kita dapat mendistribusikan warisan tanpa perselisihan dan menghindari fitnah dalam Islam. Bagi orang-orang beriman yang menerapkan ajaran Islam akan merasakan manfaat besar dan tidak merasakan bahaya sedikit pun oleh aturan yang telah Tuhan berikan. Ini adalah bagian dari fungsi iman kepada Tuhan. Jika itu tidak diyakini sebagai aturan yang benar, maka kita harus berhati-hati bahwa ini adalah penyebab perbuatan ibadah ditolak dalam Islam.

29 thoughts on “Ahli Waris Dalam Hukum Islam Dan Cara Pembagian Harta Waris”

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh,
    Kakek Nenek punya 4 anak
    1.A nikah sama Aa
    2.B nikah sama Ab
    3.C nikah sama Ac
    4.D nikah sama Ad
    Anak A meninggal sebelum kakek neneknya,
    Apakah buyutnya mendapatkan hak ahli waris peninggalan dari kekek neneknya A.
    Sekian terima kasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

    1. Jika ada anak laki2 dari si kakek maka cucu akan terhalang oleh anak laki2, anak laki2 ini menjadi penghalang bagi cucu. Jika seseorang meninggal yang berhak pasti dapat ada 5: 1.Ayah 2.Ibu. 3. Anak LK. 4. Anak PR. 5. Suami/isteri. Jdi peran anak laki2 ini sangat besar untuk menghalangi cucu,saudari2 ayah

      1. Klo sinenek yg janda mati cuma punya 1 anak perempuan n 1 laki2. Anak laki2 si nenek meninggal apakah cucu2 n istri dr anak yg meninggal itu dpt warisan?.

      1. Assalamu’alaikum,mau bertanya jika suami istri meninggal dunia,meninggalkan anak angkat,tetapi ada saudara laki2 dari suami 1 orang tanpa anak,dan saudara laki2 dari istri 2 orang yg masih hidup,dan 2 orang saudara laki2 sudah meninggal,dan punya kakak kandung 1 orang dari istri,bagaimana pembagian warisan menurut hukum islam kk

  2. A laki-laki menikah dengan b perempuan memiliki anak perempuan bernama C dalam perkawinan a dan b memiliki harta berupa rumah senilai 500 juta dan tabungan senilai 500 juta dan memperoleh hibah dari orangtuanya yakni e&f berupa tanah seluas 10 hektar persegi a meninggal karena sakit dengan meninggalkan hutang senilai 20 juta rupiah dan biaya pemakaman rp5.000.000 dan biaya perawatan rumah sakit 15 juta rupiah. Jadi saya mau tanya bagaimana cara menghitung harta waris a tentukan ahli waris a denganharta waris a tentukan ahli waris a dengan catatan ayah dan ibunya masih hidup dan hitunglah bagian masing-masing ahli waris

    1. Hallo Pak, untuk masalah ini perlu penjelasan secara terperinci Pak, biar dibuatkan suratnya, bisa juga konsulatasi terlebih dahulu Pak.
      atau bisa langsung hubungi kami Pak.
      WA kami yaa: +6281290891400

      1. Ibu dan Bapak kerjaannya dagang dan punya harta, dan Bapak meninggal duluan sebelum Ibu, beliau meninggalkan anak 5, 3 perempuan dan 2 laki laki, namun anak beliau telah meninggal 2 org sebelum beliau meninggal, jd sisa 3 org, 1 laki laki dan 2 perempuan
        Bagaimana hukum pembagian warisan nya

    2. Izin tanya…
      Adik ipar saya sdh meninggal , dengan meninggalkan seorang anak laki umur 9 tahun & ibu kandung beserta istri nya.
      yang jadi pertanyaan & sedang di perebutkan oleh pihak keluarga istri
      hak warisan rumah sepenuh nya atas istri nya…
      sementara rumah sekarang akan di jual.

      Mohon pencerahan nya , trimakasih

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    Bagaimana cara pembagian waris kedua orang tua yang sudah meninggal kepada anak2 yang masih hidup dan anak yang sudah meninggal, Krn anak yang sudah meninggal pun punya keturunan?

    1. Waalaikumsalam
      Bapak/Ibuk bisa mencari Jasa Pengacara untuk membuatkan suratnya, bisa langsung hubungi kami Pak.
      WA kami yaa: +6281290891400

  4. Selamat siang…ketika ibu kita meninggal,bapak masih hidup..sedangkan harta bersama orang tua atas nama ibu…itu bagaimana tata cara pembagiannya…apakah anak2 berhak menuntut haknya krn semua aset atas nama ibu…terimakasih

    1. Hallo, untuk masalah ini perlu penjelasan secara terperinci, biar dibuatkan suratnya, bisa juga konsulatasi terlebih dahulu.
      atau bisa langsung hubungi kami.
      WA kami yaa: +6281290891400

  5. Assalamu’alaikum… Bagaimana jika suami meninggal dan istrinya masih hidup dan tanpa mempunyai anak trs sebagian harta benda atas nama istri dan sebagian lagi an suami.
    Untuk harta yg atas nama istri apakah keluarga almarhum suaminya dapat bagian dari harta tersebut atau gimana?

    1. Hallo, untuk masalah ini perlu penjelasan secara terperinci, bisa juga konsulatasi terlebih dahulu.
      atau bisa langsung hubungi kami.
      WA kami yaa: +6281290891400

  6. Bagaimana pembagian harta warisan jika yang ditinggalkan adalah isteri, 2 anak laki-laki dan 1 saudara perempuan?
    Terima kasih

    1. Hallo, untuk masalah ini perlu penjelasan secara terperinci, bisa juga konsulatasi terlebih dahulu.
      atau bisa langsung hubungi kami.
      WA kami yaa: +6281290891400

  7. Bagaimana pembagian warisan jika yg meninggal seorang laki laki,yang ditinggalkan
    istri
    Anak perempuan 1
    Anak laki laki 1
    Saudara perempuan sekandung 1
    Saudara laki laki sekandung 1
    Saudara laki laki seayah 1

  8. Seorang istri di tinggal oleh suaminya (alm) dan meninggalkan seorang ank perempuan.
    Otomatis istri dan anak mendapatkan harta waris dr (alm).
    Jika saudara dari (alm) meminta bagian, atas dasar harta itu menurutnya adalah harta peninggalan orang tua ,apakah bisa ?
    Dan siapa yg akan mendapat bagian lebih banyak ?
    Istri dan anak atau saudaranya ?

  9. Bagaimana pembagian harta warisan jika yang ditinggalkan adalah isteri, dan 3 anak laki-laki yang belum berkeluarga.
    Terima kasih

  10. Assalamu’alaikum wr wb.
    Mohon maaf kami mau tanya tentang pembagian harta warisan jika istri meninggal dan memiliki 2 anak perempuan. 2 anak perempuan ini sudah menikah dan masing-masing memiliki 3 orang anak. Mohon penjelasannya siapa saja yg berhak dapat warisan dan berapa besar perhitungan warisan yg harus di dapat?

  11. Pembagian warisan dalam hukum islam
    Saya ada 6 bersaudara, ayah saya menikah lagi dengan istri ke dua seorang janda 3 anak, dengan istri ke dua tidak lagi mempunyai keturunan dan dalam perkawinan kedua ini mereka menghasilkan harta berupa rumah baru,yang mereka tempati bersama(ayah+istri ke dua) beberapa tahun kemudian ibu kami (istri pertama) meninggal dunia dan beberapa tahun setelahnya ayah kami juga meninggal karna sakit menahun dalam perawatan istri ke dua (meninggalnya di rumah istri ke dua)
    Yang ingin saya tanyakan bagaimana prosentasi pembagian harta warisan rumah yg di beli saat sudah menikah dengan istri ke dua apabila rumah itu di jual
    Demikian pertanyaan saya sebelumnya di ucapkan banyak trima kasih

  12. Assalamu’alaikum mohon penjelasannya suami saya meninggal Dan kami ada anak perempuan 2 orang yang Masih kecil kecil, suami saya ketika Masih hidup mendapat hibah tanah Dari orang Tuanya, 27 hari Dari suami saya meninggal ibu nya pun meninggal. Yang saya Tanyakan apakah benar saya harus membayar ⅙ Dari tanah hibah tersebut Dan ⅙ Dari harta kami karena ibu mertua meninggal belakangan?

  13. Mohon penjelasan. Jika ibu saya meninggal dan masih ada ayah. Saya 2 bersaudara dengan kakak laki2 saya. Harta ibu yang meninggal murni harta warisan ibu dari kakek nenek saya. Bukan harta bersama dengan ayah. Bagaimana cara penghitungan warisnya? Terimakasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *