Biaya yang Dikeluarkan dalam Proses Perceraian di Pengadilan

Biaya yang Dikeluarkan dalam Proses Perceraian di Pengadilan

Perceraian menjadi salah satu khusus yang banyak ditemukan di pengadilan. Dalam dunia pernikahan, tentunya pasangan akan menemukan pertikaian yang dapat membuat hubungan menjadi sangat jauh.

 

Jika pasangan tersebut tidak dapat meredakan pertikaian tersebut, maka bisa terjadi perceraian. Agar dapat berpisah secara resmi, maka pasangan tersebut perlu melakukan persidangan di pengadilan.

 

Untuk pasangan yang beragama Islam, akan melakukan proses perceraian di pengadilan agama, sedangkan yang lainnya melakukannya di pengadilan negeri. Untuk memperlancar proses perceraian, tidak sedikit dari mereka yang menggunakan jasa pengacara perceraian.

Pengacara Cerai Karanganyar | Suami ditempatkan sebagai tergugat

 

Saat ini ada banyak pengacara yang menangani kasus perceraian di kota besar. Salah satunya adalah Jasa pengacara perceraian Karanganyar.

 

Saat anda memutuskan untuk menggunakan jasa pengacara perceraian Karanganyar, maka anda harus menyiapkan biaya yang tidak kecil. Ya, bagi anda yang menggunakan jasa pengacara profesional, tentu anda akan dikenakan biaya yang mahal.

 

Tidak hanya biaya pengacara saja, ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan ketika menjalankan sidang perceraian:

 

Biaya Jasa Pengacara Perceraian

Sebenarnya, tidak ada patokan pasti mengenai besaran yang harus dikeluarkan untuk membayar pengacara. Pembayaran jasa pengacara tersebut ditentukan atas dasar kesepakatan antara klien dan pengacara tersebut.

 

Hal ini sesuai dengan aturan yang tertulis pada pasal 21 ayat 2, Undang-Undang No 18 tahun 2003 mengenai advokat. Biasanya kesepakatan ini akan diputuskan saat pertemuan pertama. 

Pengacara Magetan | Perceraian dari beberapa perspektif hukum

 

Akan tetapi, biasanya pengacara akan menawarkan dua jenis sistem pembayaran. Jenis yang pertama adalah pembayaran lump sum dimana pihak klien akan membayar sejumlah uang secara tunai untuk menangani kasus perceraian hingga selesai.

 

Jenis yang kedua adalah pembayaran per jam dimana pengacara akan dibayar sesuai dengan jam kerjanya. Semakin lama pengacara bekerja, maka akan semakin besar pula biaya yang harus dibayarkan.

 

Untuk pembayaran pengacara ini sudah mencakup honor pengacara, transportasi, akomodasi, sidang, perkara, serta kemenangan perkara.

 

Biaya Panjar Perkara

Besarnya biaya panjar perkara ii akan berbeda untuk setiap daerahnya. Ini bergantung pada lokasi dimana anda mengajukan serta memproses perceraian tersebut.

 

Sebagai contoh, jika anda ingin mengajukan gugatan perceraian pada suami anda yang berdomisili di Bandung, maka jumlah yang harus anda bayarkan sesuai dengan ketentuan di Pengadilan Agama Bandung.

 

Bagi yang non muslim, maka proses perceraian dapat dilakukan di Pengadilan Negeri yang ada di darah tergugat. Untuk biaya perceraian di pengadilan agama dan pengadilan negeri umumnya memiliki beberapa perbedaan.

Asas-asas hukum khusus Perceraian dalam UU No. 1 Tahun 1974

Biaya Pencatatan Perceraian

Jika perceraian sudah diputuskan secara resmi oleh pihak pengadilan, maka perceraian tersebut harus tercatat di Catatan Sipil.

 

Pihak pengadilan ini akan mengirim salinan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap pada pegawai pencatat. pegawai tersebut akan mendaftarkan putusan tersebut untuk selanjutnya dibuatkan Kutipan Akta Perceraian.

 

Nah, demikian di atas merupakan beberapa biaya yang harus dikeluarkan saat akan melakukan proses perceraian. Jadi, tidak hanya biaya jasa pengacara perceraian Karanganyar saja, anda juga membutuhkan biaya untuk proses lainnya.

One Reply to “Biaya yang Dikeluarkan dalam Proses Perceraian di Pengadilan”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *