Penyebab Perceraian, Faktor Penyebab Perceraian Menurut Islam

Penyebab Perceraian, Faktor Penyebab Perceraian Menurut Islam

Perceraian adalah akhir dari sebuah pernikahan. Ketika suatu pernikahan sering diwarnai pertengkaran, perasaan tidak bahagia, ketidaksetiaan pasangan, atau masalah lain, seringkali dianggap segera mengakhiri pernikahan.

 

Perceraian dengan pasangan hidup dianggap solusi terbaik bagi banyak pasangan menikah. Alasan lain untuk bercerai adalah untuk memberi pasangan hidup pelajaran sebagai cara yang baik untuk mengakhiri rasa sakit.

Tetapi bercerai bukan berarti Anda bebas dari masalah. Ada masalah lain yang harus dihadapi. Apa yang harus dipertimbangkan dengan cermat sebelum membuat keputusan perceraian?

PENYEBAB PERCERAIAN

Statistik menunjukkan bahwa sekitar 60 persen dari semua kasus perceraian terjadi dalam sepuluh tahun pertama pernikahan. Bahkan dengan munculnya perceraian oleh selebriti, perceraian adalah masalah pilihan gaya hidup. Tingkat perceraian terus melambung.

Sebelum melihat konsekuensi buruk perceraian, apa penyebab perceraian? Berikut adalah beberapa penyebab utama perceraian.

Gagal Berkomunikasi

Ketidakcocokan karena kegagalan berkomunikasi antara suami dan istri kerap memicu perceraian. Kurangnya komunikasi membuat kurangnya saling pengertian dan sering berkelahi. Ini akan menyebabkan perceraian jika kedua belah pihak tidak mau atau gagal berkomunikasi.

Ketidaksetiaan

Penyebab perceraian lainnya adalah salah satu pasangan berselingkuh. Pasangan yang terluka tidak dapat memaafkan dan memilih untuk bercerai. Atau sebaliknya, pasangan selingkuh memilih bercerai demi pacar barunya.

Kekerasan dalam rumah tangga

Perceraian karena kekerasan dalam rumah tangga (kekerasan dalam rumah tangga) juga merupakan salah satu penyebab utama perceraian. Banyak pasangan memilih untuk menyelamatkan hidup mereka dengan bercerai karena mereka sering mendapatkan penganiayaan baik secara fisik maupun verbal.

Masalah Ekonomi

Ada juga perceraian karena masalah ekonomi. Anggaplah pasangan tidak mampu memenuhi kebutuhan materi keluarga, jadi biarkan pasangan bercerai.

Pernikahan Dini

Menikah belum cukup umur membuat pasangan muda tidak siap menghadapi berbagai kesulitan dalam kehidupan pernikahan. Seringkali keputusan yang diambil bercerai ketika menghadapi banyak tekanan hidup.

 

Perubahan Budaya

Di masa lalu, perceraian itu tabu. Sekarang sudah menjadi tren dan gaya hidup bagi banyak pasangan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *