Hukum Cerai Nikah Siri Bisa Dilakukan Dengan Pengacara

Hukum Cerai Nikah Siri Bisa Dilakukan Dengan Jasa Pengacara

Hukum Cerai Nikah Siri Bisa Dilakukan Dengan Jasa Pengacara. Itsbat Nikah siri adalah permohonan pengesahan nikah siri yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sah  pernikahan dan memiliki kekuatan hukum. Itsbat Nikah siri hanya dapat diajukan melalui Pengadilan Agama, bukan melalui Kantor Urusan Agama (KUA).  Syarat syarat Isbat Nikah siri:

 

  • Menyerahkan Surat Permohonan Itsbat Nikah siri kepada Pengadilan Agama setempat;
  • Surat keterangan dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat yang menyatakan bahwa pernikahan siri tersebut belum dicatatkan;
  • Surat keterangan dari Kepala Desa / Lurah yang menerangkan bahwa Pemohon telah menikah siri;
  • Foto Copy KTP pemohon Itsbat Nikah siri;
  • Membayar biaya perkara;
  • Lain lain yang akan ditentukan Hakim dalam persidangan.

Dasar hukum: Pasal 3 ayat (5) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1946 tentang Pencatatan Nikah siri, Talak dan Rujuk (UU 22/1946) dan Pasal 7 KHI.

 

Proses Istbat Nikah Siri

 

  • Permohonan isbat nikah siri dapat di ajukan oleh suami (laki laki) istri (wanita) , atau salah satunya, anak, wali nikah siri, atau pihak lain ditujukan kepada Pengadilan Agama yang daerah hukumnya meliputi tempat kediaman pemohon.
  • Pengajuan isbat nikah siri dapat diajukan bersama sama dengan gugatan/ permohonan perceraian. Permohonan isbat nikah siri adalah termasuk perkara voluntair, tetapi jika salah seorang suami (laki laki) atau istri (wanita)  meninggal dunia, maka permohonan perkara isbat nikah siri seperti ini termasuk kontentius, dan semua ahli warisnya harus dijadikan “pihak”.
  • Pihak Pemohon yang mengajukan isbat nikah siri, terlebih dahulu harus membayar panjar biaya perkara, untuk PA. Bagi yang tidak mampu membayar biaya perkara, dapat mengajukannya dengan Cuma Cuma/ prodeo.
  • Setelah pembayaran panjar biaya perkara dilakukan, kemudian pemohon mendaftarkan perkaranya ke Pengadilan Agama dengan melampirkan bukti slip pembayarkan lewat Bank tersebut, dan selanjutnya pemohon pulang dan menunggu panggilan sidang.
  • Ketua PA, membuatkan PMH dan majelis hakim yang ditetapkan harus segera membuatkan PHS/ penetapan hari sidang, yang sebelumnya diumumkan dalam waktu 14 hari melalui radio. Dan setelah 14 hari diumumkan itu, baru sidang dapat dilakukan, dan pemohon dipanggil oleh juru sita untuk menghadiri sidang itu, minimal 3 hari kerja sebelum sidang dilaksanakan.
  • Jika permohonan dikabulkan, Pengadilan Agama akan mengeluarkan Penetapan, salinan penetapan ini dapat diambil dalam jangka waktu setelah 14 hari dari sidang pembacaan penetapat tersebut/ sidang berakhir.
  • Salinan Penetapan dapat diambil sendiri atau mewakilkan kepada orang lain dengan surat kuasa, dan selanjutnya salinan penetapan ini dibawa dan diserahkan kepada Kantor KUA tempat tinggal pemohon, untuk dicatatkan dalam register dan menggantikannya dengan Buku Nikah siri.

One Reply to “Hukum Cerai Nikah Siri Bisa Dilakukan Dengan Jasa Pengacara”

  1. Sy ibu RT yg dipoligami sbg istri ke2-nikah scr siri – krn ada konflik sy sdh 9 bulan tdk diberikan nafkah lahir batin- saat ini sy akn mengajukan cerai nikah siri – saat sy akn mengurus permohonan isbath nikah sy terhalang bbrp persyaratan – yg akn sy tanyakan :
    Bagaimana pd saat mengurus isbath nikah tidak memenuhi persyaratan misal tdk punya ft copy ktp suami dan suami sdh tdk mau hadir dlm sidang isbat nikah?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *